SMPN 34 SMD

SMP yang bermotto cerdas, terampil, dan santun ini memang selalu berupaya mendorong siswanya, untuk maju dan berprestasi. SMP mana lagi kalau bukan SMPN 34 Samarinda Ilir, di Jalan Aminah Syukur itu.

Tidak hanya kecerdasan intelektual, tetapi kecerdasan spiritual (moral) dan social, juga menjadi bagian terpenting dalam proses belajar mengajar di SMP ini. Demikian antara lain dikatakan, Kepala Sekolah SMPN 34 Samarinda Ilir, Ali Zubaid. Seusai menyerahkan penghargaan kepada siswa kelas 7, 8, 9 atas prestasinya meraih peringkat terbaik dalam ujian semester satu, tahun ini.

Dirinya menjelaskan, pembelajaran kecerdasan spiritual, intelektual, dan social, merupakan tugas berat yang mutlak harus diserap oleh para siswanya. Disamping kecerdasan, yang tidak bisa ditawar-tawar lagi adalah pembelajaran keterampilan, “Siswa harus terampil dalam berbahasa, berolahraga, berkesenian dan bekerja. Siswa juga harus santun dalam berperilaku, dan menghargai sesama kawannya” ujar Ali.

Agaknya SMPN 34 ini, benar-benar menginginkan siswanya tidak hanya pandai dalam keakademisan, tetapi juga terampil dalam nonakademis. Buktinya siswanya diberi kesempatan untuk mengikuti program pembelajaran kemandirian (ekstrakurikuler), seperti olahraga, seni, dan kesehatan. Sekolah ini memiliki English Club, Taman Pendidikan Agama, dan lain-lain.
Sekolah yang memiliki 35 orang guru dan tenaga administrasi termasuk bagian keamanan serta kebersihan 7 orang ini. Siswanya berjumlah 500 orang, terdiri atas kelas 7: lima kelas, kelas 8: empat kelas dan kelas 9: empat kelas, tidak hanya mematok kelulusan 100 persen ”Kami tidak hanya mematk lulus 100 persen, tetapi lulusan yang bisa diterima di semua sekolah pilihan, pada jenjang selanjutnya” ujar Ali.
Sembilan orang siswa, terdiri dari kelas 7 tiga orang, kelas 8 tiga orang, dan kelas 9 tiga orang yang meraih peringkat terbaik satu, dua dan tiga, dalam ujian semester tersebut, terlihat sangat gembira karena mendapat penghargaan dari sekolah yang dibanggakannya

0 komentar: